Latest News

Keringkan Pakaian dalam Rumah Bahayakan Paru-Paru

Bahaya mengeringkan pakaian di dalam rumah bagi paru-paru akan saya bahas pada postingan saya kali ini. Mungkin sebagian besar dari kita banyak yang menjemur pakaian di dalam rumah ketika cuaca sedang tidak bersahabat dengan cucian, seperti saat musim hujan misalnya. Tentu cucian yang kita cuci akan sangat lama mengering karena kurangnya cahaya matahari. Hal ini sangat wajar terjadi. Namun demikian tahukah Anda jika menjemur pakaian di dalam rumah dapat beresiko terhadap kesehatan paru-paru Anda?

Sahabat ditipskesehatan, tahukah Anda? Mengutip dari kompas.com, pakaian yang basah ternyata memiliki kandungan air yang jumlahnya cukup banyak, yaitu hampir dua liter. Oleh karena itu tidak mengherankan jika beberapa ahli mengungkapkan bahwa dengan menjemur pakaian basah di dalam ruangan, maka akan meningkatkan kadar kelembaban ruangan yang mencapai 30 persen. Nah, jika ruangan sudah lembab, maka akan memicu tumbuhnya beberapa jenis jamur, yaitu salah satunya adalah Aspergillus Fumigatus.
Keringkan Pakaian dalam Rumah Bahayakan Paru-Paru

Jamur berjenis Aspergillus Famigatus tersebut dikhawatirkan dapat berkembang biak secara bebas di udara pada ruangan yang lembab, sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi paru-paru. Mungkin sebagian orang akan kebal oleh serangan jamur yang satu ini. Namun, tidak demikian dengan seseorang yang mengidap penyakit asma dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang tergolong lemah. Tentu akan sangat fatal akibatnya jika terus-terusan berada di dalam ruangan yang lembab.

Oleh karena itulah salah satu profesor di Manchester mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk mengeringkan pakaian di luar rumah saja dan atau lebih baik menggunakan mesin pengering jika sinar matahari dirasa tidak cukup. Jika memang terpaksa harus dikeringkan di dalam ruangan, maka usahakan keringkan pakaian di ruangan yang jauh dari tempat tidur dan ruang tamu Anda. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi paru-paru yang dapat berakibat fatal.

Kasus terkena gangguan paru-paru sudah pernah terjadi pada seorang warga bernama Mather yang oleh dokter dia diagnosa terkena aspergillosis paru. Gejala yang Ia rasakan adalah seringnya berkeringat dan batuk-batuk di malam hari di saat Ia mengeringkan pakainnya di dalam rumah. Oleh karena itu, Ia tidak lagi mengeringkan pakaiannya di dalam rumah lagi. Selain itu Ia juga harus meminum obat yang dapat mencegah infeksi jamur.

Demikianlah postingan saya tentang Keringkan Pakaian dalam Rumah Bahayakan Paru-Paru. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Baca juga: 8 Makanan Dahsyat yang Dapat Mencerdaskan Otak. Image courtesy of anankkml at FreeDigitalPhotos.net

0 Response to "Keringkan Pakaian dalam Rumah Bahayakan Paru-Paru"