Latest News

8 Tips Cara Ampuh Menghilangkan Stres Secara Efektif

Tips cara menghilangkan dan mengatasi stres akan saya bahas secara lengkap untuk Anda. Banyak sekali di antara kita yang mengalami permasalahan hidup, mulai dari permasalahan yang kecil hingga sampai permasalahan yang besar yang dapat mengguncang ketenangan jiwa. Berbagai permasalahan hidup itulah yang sering kali menimbulkan gejala stres yang bisa berbahaya bagi penderitanya. 

Sahabat ditipskesehatan, permasalah hidup memang terkadang sulit untuk dihindari. Selama nafas ini masih berhembus dan selama kita masih menginjakkan kaki di bumi, tentu hidup tidak akan lepas dari yang namanya masalah. Semuanya akan tergantung dari kita bagaimana menyikapinya. Ada yang menyikapinya dengan selalu berfikiran positif dan berani menghadapi masalah tersebut, dan ada juga sebagian orang yang larut dalam masalah sehingga timbulah stres dalam diri mereka. Stres bisa menyebabkan depresi yang tentu bisa memberikan efek yang buruk bagi penderitanya. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui cara menghilangkan stres berikut ini.

Cara Menghilangkan Stress

Tips Cara Menghilangkan Stres

1. Lakukan Kegiatan-Kegiatan yang Menyehatkan
Saat Anda mengalami gejala stres, sebelum stres tersebut semakin parah, cobalah Anda melakukan kegiatan yang menyehatkan atau berolahraga. Anda bisa memilih olahraga yang Anda suka seperti berenang, main bola voly, tenis, atau yang lain sebagainya untuk membuat Anda semakin rileks, serta dengan Anda melakukan olahraga, maka tubuh Anda akan menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi menghilangkan stres Anda.

2. Usahakan Selalu Berfikiran Positif
Sejatinya apa yang Anda alami merupakan hasil dari apa yang Anda pikirkan. Oleh karena itu cobalah perluas fikiran Anda jika Anda saat Anda mendapatkan suatu masalah. Lihatlah masalah tersebut dari sisi yang lain dan berfikirlah positif terhadap masalah yang Anda dapatkan. Sehingga Anda akan bisa memetik pelajaran atau hikmah dari masalah tersebut.

3. Lakukan Apa yang Harus Anda Lakukan Sekarang Juga !
Salah satu penyebab terjadinya stres adalah karena banyaknya tugas atau pekerjaan yang harus Anda selesaikan pada saat waktu yang bersamaan. Hal ini bisa dikarenakan karena Anda kurang cerdas dalam membagi waktu serta sering menunda-nunda untuk mengerjakan. Oleh karena itu, mulai sekarang hindari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, dan segera lakukan apa yang harus Anda lakukan.

4. Jangan Ragu untuk Menolak Suatu Pekerjaan
Jika pada suatu waktu Anda masih fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan tertentu, dan ada teman Anda yang menawarkan kepada Anda untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang dapat membuat konsentrasi fokus Anda bubar, janganlah ragu untuk menolak pekerjaan tersebut. Lebih baik Anda fokus terlebih dahulu dengan pekerjaan Anda yang pertama, kemudian jika sudah selesai Anda bisa mengerjakan pekerjaan Anda berikutnya.

5. Cobalah untuk Senantiasa Ikhlas dalam Menerima Cobaan
Sebagai manusia biasa tentu kita tidak luput dari yang namanya cobaan. Namun kita harus menyadari bahwa semua cobaan atau masalah yang kita alami datangnya dari Tuhan yang Maha Esa. Percayalah pasti ada hikmah di balik masalah atau cobaan yang Anda dapatkan. Ikhlaslah dalam menerima masalah ini, agar Anda mendapatkan pertolongan dari-Nya.

6. Hiburlah Diri Anda Sendiri
Salah satu cara yang tidak kalah penting dan efektif dalam menghilangkan stres adalah dengan cara menghibur diri Anda sendiri. Buatlah diri Anda terhibur dengan aktivitas yang Anda lakukan. Cobalah untuk melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan seperti melihat pameran, atau hiburan lain.

7. Jangan Pendam Masalah Anda Sendiri
Untuk menghindari agar Anda tidak mengalami stres yang parah sehingga dapat menimbulkan depresi, cobalah untuk curhat atau menceritakan masalah Anda ke orang yang dapat Anda percaya dapat memberikan usulan solusi terhadap masalah yang sedang Anda hadapi. Orang tersebut bisa orang-orang terdekat Anda, seperti Ibu Anda, atau guru Anda. Berhati-hatilah juga dalam memilih teman curhat. Curhatlah kepada orang-orang yang Anda percaya saja.

8. Perbanyak Lakukan Ibadah
Yakinlah bahwa masalah yang Anda hadapi sumbernya berasal dari Tuhan. Oleh karena itu mendekatlah kepada-Nya dengan memperbanyak ibadah kepada-Nya. Perbanyaklah doa agar masalah Anda dapat terselesaikan dengan baik dan Anda dapat tegar dalam menghadapinya.

Demikianlah postingan saya tentang Tips Cara Menghilangkan dan Mengatasi Stres Secara Efektif. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Baca juga: 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan. Image courtesy of stockimages at FreeDigitalPhotos.net

0 Response to "8 Tips Cara Ampuh Menghilangkan Stres Secara Efektif "