Latest News

6 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Penyebab penyakit jantung akan saya bahas pada postingan saya kali ini. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan yang berbahaya sekali jika tidak di lakukan penanganan khusus. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa, melainkan banyak sekali menyerang orang-orang yang lebih muda.

Sahabat ditipskesehatan, pemyakit jantung atau biasa juga disebut sebagai serangan jantung merupakan salah satu penyakit akibat terganggunya proses aliran darah yang menuju ke jantung yang mengakibatkan berhentinya aliran darah yang menuju ke jantung. Terhentinya aliran darah yang meuju ke jantung dapat berefek fatal karena dapat mematikan sebagian sel-sel jantung. Jumlah penderita penyakit jantung dari tahun ketahun selalu bertambah. Bahkan di Negara Amerika, penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor satu. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab utama dari penyakit jantung ini, agar Anda bisa melakukan pencegahan secara dini.


Penyebab Penyakit Jantung

1. Hipertensi
Bagi Anda yang mempunyai penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, sebaiknya saat ini Anda harus waspada, karena salah satu penyebab utama adanya penyakit jantung adalah tingginya tekanan darah di dalam tubuh. Oleh karena itu mulai sekarang kontrolah kesehatan Anda. Konsultasikan ke dokter jika Anda mmepunyai keluhan terhadap penyakit hipertensi Anda.

2. Usia dan jenis kelamin
Selain faktor kesehatan yang dapat menyebabkan penyakit jantung, faktor usia dan jenis kelamin juga dapat berpengaruh. Seperti yang disebutkan di referensi yang saya baca, golongan usia yang rentangnya di atas 65 tahun lebih berpotensi terserang penyakit jantung. Selain itu penyakit jantung juga lebih banyak menyerang pria dari pada wanita.

3. Faktor Keturunan dan Riwayat Penyakit yang Dimiliki
faktor keturunan juga dapat mempengaruhi seseorang terkena penyakit jantung. Seseorang yang mempunyai gen dari orang tuanya yang mengidap penyakit jantung akan memiliki potensi lebih besar terkena penyakit jantung juga. Selain itu riwayat penyakit yang dimiliki juga dapat berpengaruh, seperti penyakit diabetes dan obesitas yang memperbesar peluang untuk terkena penyakit jantung.

4. Gaya Hidup yang Tidak Sehat
Gaya hidup yang tidak sehat dan teratur seperti minum alcohol dan merokok, dan tidur tidak teratur atau begadang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

5. Jenis Makanan yang Anda Konsumsi
Makanan juga dapat menyebabkan resiko terkena penyakit jantung dapat meningkat. Seperti makanan cepat saji yang banyak mengandung bahan-bahan bahaya dan kadar kolesterol tinggi. 

6. Tingginya Kadar Kolesterol
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di dalam tubuh kita terdapat dua jenis kolesterol. Yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Jika kadar kolesterol jahat di dalam tubuh semakin tinggi maka akan mengakibatkan terbentuknya plak di bagian pembuluh darah yang dapat menghambat sirkulasi darah ke jantung. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya gagal jantung. 

Untuk itu bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi konsumsilah makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Apa sajakah makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol? Baca: 6 Makanan Ampuh yang Dapat Menurunkan Kolesterol Anda

Demikianlah postingan saya tentang Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Image courtesy of hin255 at FreeDigitalPhotos.net

0 Response to "6 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai"