Latest News

4 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Cepat dan Ampuh

Tips cara mengobati sariawan secara alami dan faktor penyebabnya akan saya bahas secara lengkap. Hal ini wajib Anda ketahui karena sariawan ini merupakan penyakit yang menyerang siapa saja tanpa melihat usia, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Hampir semua orang pasti merasakan yang namanya sariawan. Sariawan yang dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai peradangan selaput lendir pada mulut merupakan gejala timbulnya beberapa luka yang awalnya bewarna merah, kemudian akan bewarna putih dan berbentuk cekung ke dalam lapisan mulut. Sariawan ini jika dibiarkan begitu saja lama kelamaan akan sembuh, namun dengan kita melakukan pengobatan, maka penyembuhan akan berjalan lebih cepat.

Sahabat ditipskesehatan, cara mengobati sariawan secara alami pada dasarnya menjadi hal yang wajib kita ketahui agar kita mampu melakukan pengobatan terhadap penyakit sariawan kita. Seperti yang sudah saya uraikan di atas bahwa dengan melakukan pengobatan, maka sariawan akan sembuh lebih cepat sehingga aktivitas mulut Anda tidak terganggu dengan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan. Nah sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengobati sariawan secara alami, marilah kita membahas terlebih dahulu hal-hal yang dapat menyebabkan sariawan.

Cara Mengobati Sariawan

Faktor Penyebab Sariawan
  • Faktor genetik atau keturunan. Jika Anda mempunyai orang tua baik itu ayah Anda ataukah ibu Anda yang memang sering kali mengidap penyakit sariawan, maka tidak mengherankan jika Anda juga akan menderita sariawan. Karena sifat dari gen dari orang tua Anda akan menurun pada Anda, sehingga gen yang ada pada diri Anda akan identik sama dengan orang tua Anda. Oleh karena itulah Anda juga dapat menderita sariawan.
  • Kekurangan vitamin C. Jika tubu kita mengalami kekurangan vitamin C, maka tubuh kita akan memberikan reaksi, diantaranya adalah munculnya sariawan di mulut.
  • Seringnya tergigit saat makan. Luka yang diakibatkan oleh tergigitnya lapisan mulut Anda akan memicu terjadinya sariawan. Biasanya hal ini terjadi saat kita sedang makan, dan secara tidak sadar kita menggigit lapisan mulut kita sehingga menimbulkan luka. 
  • Konsumsi makanan pedas. Jika Anda merupakan penggemar makanan yang pedas, maka Anda kemungkinan besar akan sering mengalami sariawan. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan yang pedas, karena rasa pedas yang berlebihan dapat memicu terjadinya sariawan.
  • Kebiasaan merokok. Kandungan yang berbahaya yang terdapat pada rokok, dapat menyebabkan peradangan pada mulut Anda. Bahkan selain peradangan seperti sariawan, perokok juga berpotensi terkena kanker mulut yang lebih berbahaya.
Nah itulah beberapa faktor penyebab sariawan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin memiliki mulut yang sehat dan terbebas dari sariawan, maka saya menyarankan kepada Anda untuk menghindari beberapa faktor penyebab diatas sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit sariawan. Selain itu Anda juga dapat mncoba beberapa cara mengobati sariawan yang akan saya bahas setelah ini.

Tips Cara Mengobati Sariawan Secara Alami
Sariawan yang begitu mengganggu aktivitas mulut kita seperti mengunyah makanan dan saat berbicara. Tentu akan menimbulkan rasa yang ngilu di beberapa bagian mulut yang terkena sariawan. Bagi Anda yang sudah tidak tahan dengan sakitnya sariawan dan Anda ingin mendapatkan penyembuhan dengan cepat dan dilakukan secara alami tanpa efek samping yang dapat membahayakan tubuh, maka Anda bisa menerapkan cara mengobati sariawan secara alami berikut ini :

1. Cara mengobati sariawan dengan garam
Kandungan yang terdapat pada garam sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Menurut pengalaman pribadi, setelah saya menerapkan cara ini, sariawan seakan tidak terasa. Cara ini cocok dilakukan saat sebelum makan agar Anda bisa makan dengan nikmat tanpa merasakan rasa sakit. Berikut cara-caranya yang dapat Anda coba :
  • Ambil sedikit garam dengan dua jari atau sendok kecil
  • Lalu taburkan pada daerah sariawan Anda
  • Tunggu beberapa saat, mungkin Anda akan merasakan perih yang luar biasa. Namun rasa perih ini akan hilang dalam beberapa saat.
  • Setelah itu rasa sakit pada sariawan Anda akan hilang dan bersegeralah makan 
2. Cara mengobati sariawan dengan tomat
Tomat merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi mengobati sariawan. Tomat yang kaya dengan vitamin A dan C dapat menyemmbuhkan sariawan. Karena seperti yang sudah saya ulas di atas, salah satu penyebab dari sariawan adalah karena kekurangan vitamin C. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi buah tomat asuoan vitamin C Anda akan terpebuhi.

3. Cara mengobati sariawan dengan madu
Anda dapat memanfaatkan madu untuk mengobati sariawan dengan cara campurkan madu dengan buah pisang yang sudah dihaluskan atau diblender, kemudian oleskan pada daerah mulut yang terkena sariawan. Kandungan yang terdapat pada madu dan pisang dapat menghambat terjadinya peradangan yang semakin parah pada sariawan

4. Cara mengobati sariawan dengan daun sirih
Kandungan yang terdapat pada daun sirih bermanfaat untuk membersihkan dan membunuh bakteri yang terdapat di dalam mulut penyebab sariawan. Anda dapat menggunakan daun sirih dengan cara rebus daun sirih secukupnya, kemudian hasil air rebusan tersebut Anda tambahkan garam. Setelah itu jadikan larutan ini sebagai obat kumur Anda.

Demikianlah postingan saya tentang Tips Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Cepat dan Ampuh. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Baca juga: 8 Tips Cara Ampuh Menghilangkan Stres Secara Efektif. Image courtesy of artur84 at FreeDigitalPhotos.net 

0 Response to "4 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Cepat dan Ampuh"