Latest News

6 Makanan Ampuh yang Dapat Menurunkan Kolesterol Anda

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol akan saya ulas kali ini secara lengkap dengan memaparkan 10 makanan yang menyehatkan dan dapat di jadikan sebagai makanan penurun kadar kolesterol Anda. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena betapa banyak sekali penderita kolesterol saat ini, dan yang lebih parah lagi mereka yang mengidap penyakit kolesterol tidak mengetahui jika makanan yang terdapat disekitarnya dapat menurunkan kadar kolesterol.

Sahabat ditipskesehatan, tahukah Anda apa sih kolesterol itu? Kolesterol sendiri merupakan lemak yang terdapat di dalam tubuh atau yang sering kita kenal dengan istilah lipid. Walaupun lemak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, namun demikian jika lemak tersebut jumlahnya terlalu banyak juga akan membahayakan bagi tubuh itu sendiri. Oleh karena itu disini saya akan mengulas 10 makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang terdapat di dalam tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut.

Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol
  1. Tanaman kunyit. Bagi Anda yang sering memasak olahan rumahan atau olahan lain pasti tidak asing lagi dengan tanaman kunyit. Ya, tanaman yang sering digunakan sebagai bahan janu ini atau tanaman yang memberikan warna kuning alami ini setelah di uji oleh salah satu universitas di berbagai belahan dunia telah memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol pada tubuh Anda.
  2. Bawang putih. Riset yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari Texas, menyebutkan hal yang mengagumkan tentang khasiat bawang putih yang dapat menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, serta menjaga sirkulasi darah. Riset tersebut juga mengungkapkan bahwa dengan Anda mengkonsumsi sedikitnya setengah siung bawang putih perhari maka akan dapat menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.
  3. Kelabat atau Fenugreek. Riset yang dilakukan oleh beberapa peneliti menunjukkan penurunan kadar kolesterol secara drastis pada penderita kolesterol setelah mengkonsumsi jenis tanaman yang satu ini. Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan pada tanaman ini adalah meliputi biji dan daunnya yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol Anda.
  4. Kacang pohon. Jika Anda penggemar kacar pohon sebagai teman nyemil Anda, mungkin akan sangat tepat sekali bagi Anda untuk mrngkonsumsinya lebih lanjut, karena kandungan yang terdapat di dalam kacang pohon dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterool hingga 19 persen.
  5. Strowberi. Buah yang bewarna merah dan manis ini ternyata juga memiliki khasiat yang sama dengan tanaman yang sudah saya sebutkan di atas. Ya, buah strowberi memiki kandungan antioksidan yang baik bagi menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.
  6. Minyak ikan. Kandungan yang terdapat di dalam minyak ikan yang kita kenal mengandunga beberapa omega 3 dipercaya daqpat menurunkan kadar kolesterol dan baik juga untuk kesehatan jantung Anda. 
Faktor Penyebab Kolesterol
Kolesterol itu sendiri bisa naik kadarnya karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor keturunan, yang menjadi penyebab awal terjadinya naiknya kadar kolesterol. Bisa juga karena pola makanan yang dikonsumsi tidak sehat. Namun demikian kolesterol dapat diatasi dengan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan olahraga yang teratur.

Demikianlah postingan saya tentang Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Anda. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Baca juga: 6 Tips Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh. Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net 

0 Response to "6 Makanan Ampuh yang Dapat Menurunkan Kolesterol Anda"