Latest News

8 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan khasiat buah nangka untuk kesehatan dan kecantikan akan saya bahas secara lengkap untuk Anda. Nangka dikenal memiliki manfaat untuk diabetes, kesehatan kulit wajah, dan menunjang suksesnya program diet. Beberapa jenis nangka yang dikenal memilki manfaat adalah nangka madu. Namun, yang akan saya bahas disini adalah manfaat buah nangka yang umumnya kita jumpai.

Sahabat ditipskesehatan, buah nangka atau buah yang memiliki nama latin Artocarpus Heterophyllus ini merupakan buah yang mungkin tidak asing lagi dikalangan penduduk Indonesia. Buah ini memiliki bentuk yang khas, yaitu hampir mirip seperti buah durian, namun bagian kulitnya lebih halus dan susunan dari geriginya lebih padat. Uniknya, tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, melainkan biji nangka atau orang menyebutnya sebagai beton, bisa dikonsumsi dan memiliki rasa yang nikmat.

Manfaat Buah Nangka

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan
Banyak sekali orang yang tidak mengetahui manfaat yang terkandung di dalam buah nangka. Padahal menurut beberapa penilitian yang sudah dilakukan, buah nangka memiliki beberapa manfaat sebagai berikut :
  1. Dapat melancarkan proses pencernaan. Selain uniknya buah yang satu ini karena bijinya yang bisa dimakan, karakteristik unik dari buah ini adalah kandungan yang terdapat di dalam buah nangka ini memiliki sifat anti-ulkus, sehingga bagus untuk kesehatan organ pencernaan. Sehingga prose pencernaan akan berjalan lancar.
  2. Buah anti kanker. Tentu Anda tidak mau mengidap penyakit kanker bukan? Tahukah Anda jika nangka bisa menghindarkan Anda dari serangan kanker? Ya, buah nangka memiliki 4 kandungan anti kanker, yaitu saponin, isoflavon, fitonutrien dan lignan. 4 Kandungan inilah yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan Anda terkena penyakit kanker.
  3. Dapat membuat tulang menjadi kuat dan sehat. Selain dapat menangkal radikal bebas, buah nangka juga bisa dimanfaatkan untuk memperkuat tulang Anda karena buah nangka mengandung kalsium dan megnesium yang dapat menutrisi tulang Anda sehingga tulang Anda bisa menjadi lebih kuat dan sehat.
  4. Dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Buah nangka juga memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah karena kandungan kalium alami yang terdapat didalamnya dipercaya dapat menjaga tekanan darah menjadi stabil.
Manfaat Buah Nangka untuk Kecantikan
Selain buah nangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang sudah saya ulas sebelumya di atas, Anda juga perlu mengetahui jika buah nangka memiliki manfaat bagi kecantikan, dianranya adalah sebagai berikut :
  1. Dapat mengatasi kulit yang berminyak. Buah nangka memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. Buah nangka dapat Anda jadikan sebagai masker wajah untuk kulit berminyak Anda dengan cara sebagai berikut: Haluskan buah nangka dengan cara Anda blender, kemudian campurkan 1 sendok minyak zaitun. Lalu oleskan pada wajah Anda dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.
  2. Dapat menyembuhkan jerawat. Selain bermanfaat untuk mengatasi kulit Anda yang berminyak, buah nangka juga memiliki manfaat yang kandungannya dapat menyembuhkan jerawat Anda dengan cara blender beberapa buah nangka secukupnya yang sudah Anda cuci bersih, kemudian oleskan buah nangka yang halus tersebut ke wajah Anda yang berjerawat. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  3. Dapat menjadikan kulit Anda sehat dan berkilau. Selain buah nangka yang memilki manfaat untuk kecantikan, biji nangka juga memiliki manfaat untuk membuat kulit Anda berkilau. Anda dapat memanfaatkannya dengan cara haluskan biji nangka yang dicampur dengan susu dan madu dengan cara Anda blender. Kemudian oleskan pada wajah Anda secara merata. Diamkan sejenak, kemudian bilas dengan air bersih.
  4. Dapat mengatasi kutil. Masih berbicara tentang biji nangka, Anda juga bisa menggunakan biji nangka sebagai obat kutil dengan cara haluskan biji nangka dengan cara Anda blender, kemudian oleskan pada kulit Anda yang berkutil secara teratur.
Demikianlah postingan saya tentang Manfaat dan Khasiat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Baca juga: 8 Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan. Image courtesy of SOMMAI at FreeDigitalPhotos.net 

0 Response to "8 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kecantikan"