Latest News

Tips Cara Simple Membuat Donat yang Empuk dan Nikmat

Tips cara membuat donat beserta resep membuat donat akan saya bahas pada postingan saya kali ini. Donat merupakan salah satu jenis makanan yang tidak asing lagi bagi kita. Makanan yang satu ini akan sangat mudah kta temui di manapun dan di kapanpun. Bentuknya yang bundar dan berlubang di bagian tengah memberikan donat memiliki cirikhas tersendiri. Apalagi jika donat sudah di hiasi dengan balutan coklat yang padat dan tebal, pasti semua orang yang melihat akan sangat ingin menyantapnya. Cara yang saya bagi disini adalah cara yang simple yang bisa dilakukan oleh semua orang. Sehingga Anda bisa membuat donat sendiri yang lezat dan nikmat di rumah.

Sahabat ditipskesehatan, pada postingan kali ini saya akan mengulas secara lengkap kepada Anda tentang bagaimana membuat donat dengan cara yang simpel namun donat yang akan Anda hasilkan akan mempunyai tekstur yang empuk dan lazat. Berikut langkah-langkah membuat donat yang enak dan empuk.

Cara Simple Membuat Donat

Bahan-Bahan yang Harus Anda Siapkan :
  • Tepung terigu sebanyak 500 gram
  • Susu bubuk full cream sebanyak 50 gram 
  • Ragi instan sebanyak 11 gram
  • Gula halus sebanyak 100 gram
  • Mentega sebanyak 75 gram 
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Kuning telur sebanyak 4 butir
  • Air es sebanyak 100 ml

Agar lebih nikmat, Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan selain bahan di atas sesuai selera seperti selai, gula bubuk dan meises coklat.

Cara Membuat Donat yang Simpel, Empuk dan Enak

1. Pertama Anda harus menyiapkan adonan terlebih dahulu. Adonan dapat dibuat dengan mencampurkan tepung terigu, susu bubuk, ragi instan, dan gula. Pastikan semua bahan telah tercampur dengan merata.

2. Setelah itu, barulah Anda dapat menambahkan air dingin dan kuning telur kedalam adonan tersebut. Lalu pijat-pijat adonan tersebut hingga mempunyai tekstur seperti tanah liat yang mudah untuk dikepal.

3. Apabila sudah mendapatkan tekstur adonan yang mudah dikepal, segera tambahkan mentega dan garam secukupnya, campurkan secara merata, dan aduk hingga adonan mempunyai tekstur yang mudah di kepal kembali. Setelah itu agar adonan mengembang secara sempurna, Anda perlu membiarkan adonan tersebut selama kurang lebih 20 menit. Agar proses pengembangan sempurna tempatkan adonan di wadah yang tertutup.

4. Setelah adonan mengembang, sekarang Anda dapat membentuk adonan dengan bentuk donat pada umumnya. Untuk hasil yang terbaik diamkan lagi selama kurang lebih 10 menit sebelum Anda menggorengnya.

5. Setelah itu barulah Anda dapat menggoreng donat Anda. Agar proses penggorengan berjalan dengan sempurna, gorenglah donat dengan api yang sedang, dan jangan lupa untuk membolak-balik donat saat proses penggorengan agar donat matang secara merata. Jika sudah matang tiriskan.

6. Saat donat sudah dingin, Anda dapat menghiasnya dengan meises atau coklat cair untuk menambah rasa nikmat.

7. Donat siap untuk di hidangkan.

Demikianlah postingan saya tentang Tips Cara Membuat Donat yang Empuk dan Nikmat. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Baca juga: Tips Cara Simple Membuat Puding Coklat yang Nikmat. Image courtesy of Serge Bertasius Photography at FreeDigitalPhotos.net

0 Response to "Tips Cara Simple Membuat Donat yang Empuk dan Nikmat"