Latest News

3 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Ampuh

Tips cara menghilangkan ketombe sangat dibutuhkan sekali bagi orang-orang yang memiliki masalah ketombe pada rambutnya. Ketombe itu sendiri merupakan proses mengelupasnya sel-sel kulit mati yang ada di kepala. Jika pengelupasan sel kulit mati tersebut masih dalam frekuensi yang kecil, maka hal ini tidak akan menjadi masalah yang serius karena sel epidermis pada kulit kepala kita akan menggantikannya. Namun yang menjadi masalah adalah pengelupasan sel-sel kulit mati dalam jumlah banyak dan diatas normal. Sehingga ketombe akan muncul terus secara berulang-ulang karena sel epidermis tidak mampu lagi menggantikan sel kulit mati yang mengelupas tersebut. 

Sahabat ditipskesehatan, cara menghilangkan ketombe secara alami pada dasarnya banyak sekali orang yang belum mengetahuinya. Sehingga kebanyakan orang-orang berjuang mati-matian untuk menghilangkan ketombe dengan membeli produk-produk yang mengandung bahan yang tidak alami. Padahal penggunaan bahan-bahan yang tidak alami juga tidak baik bagi kesehatan rambut kita. Belum lagi jika produk yang kita gunakan adalah produk palsu yang merupakan hasil oplosan dari pihak-pihak yang bertanggung jawab. Mereka asal saja mencampurkan bahan-bahan untuk membuat produk anti ketombe biasanya berupa shampo. Tentu saja hal ini dapat membahayakan kesehatan rambut kita.

Cara Menghilangkan Ketombe

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimanakah cara menghilangkan ketombe secara alami, marilah kita terlebih dahulu membahas hal-hal yang menyebabkan seseorang memiliki rambut yang berketombe. Inilah faktor-faktor penyebab ketombe yang harus Anda perhatika.

Faktor Penyebab Munculnya Ketombe
  • Rambut terlalu berminyak. Jika Anda merasa rambut Anda sering berminyak dan ketombe sering sekali ada di rambut Anda, maka hal inilah yang menyebabkan rambut Anda berketombe. Minyak yang berlebih akan mengikat sel-sel kulit mati yang mengelupas sehingga akan memunculkan beberapa serpihan putih yang semakin menebal.
  • Jamur juga menjadi salah satu faktor penyebab ketombe karena dengan adanya jamur, maka akan menyebabkan pergantian sel kulit mati pada kulit kepala akan semakin cepat sehingga akan menumpuk kemudian akan menjadi ketombe.
  • Alergi terhadap produk perawatan rambut. Jika kulit rambut Anda sangat sensitif sekali terhadap produk-produk perawatan rambut tertentu, maka yang terjadi adalah kulit kepala Anda akan memberikan reaksi yang menyebabkan rasa gatal, kemudian akan berpengaruh pada banyaknya ketombe yang disebabkan oleh rasa gatal yang Anda garuk.
Nah itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya ketombe di rambut Anda. Nah, sekarang saatnya Anda megetahui bagaimana sih cara menghilangkan ketome secara alami. Oke silahkan langsung Anda simak baik-baik cara yang akan saya share pada postingan saya kali ini.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Terkadang ketombe memang menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Selain ketombe mengakibatkan rasa gatal yang sangat, ketome juga memberikan efek yang buruk terhadap kepercayadirian seseorang. Bisa dibayangkan jika Anda seorang pria atau wanita yang memiliki masalah yang serius terhadap rambut Anda yang berketombe, tentu akan memberikan kesan jika Anda adalah orang yang malas merawat kesehatan rambut. Untuk itu agar ketombe Anda bisa hilang, cobalah beberapa cara berikut :

1. Cara menghilangkan ketombe dengan garam
Garam yang menganding iodium memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan rambut, karena dengan garam ini kita dapat memanfaatkannya sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Inilah caranya mengunakan garam sebagai obat alami penawar ketombe :
  • Ambilah garam secukupnya
  • Sebelum Anda keramas, taburkan garam tersebut pada rambut Anda
  • Pijat-pijatlah rambut Anda agar kandungan garam tersebut dapat meresap sampai ke kulit kepala
  • Setelah dirasa cukup, segera bilas rambut Anda dengan keramas menggunakan shampoo
2. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis
Seperti yang kita ketahui bersama, jeruk nipis merupakan salah satu tanaman herbal yang berfungsi sebagai tanaman pembersih yang bagus. Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis dapat membersihkan rambut Anda sehat dan bersih sehingga ketombe dapat hilang. Berikut merupakan cara memanfaatkan jeruk nipis agar ketombe Anda dapat hilang :
  • Ambilah beberapa buah jeruk nipis, kemudian peras jeruk nipis tersebut
  • Siramkan perasan jeruk nipis tadi ke rambut Anda, sambil Anda memijat rambut Anda agar kandungan jeruk nipis meresap
  • Diamkan beberapa saat hingga beberapa menit
  • Kemudian bilas rambut Anda dengan air bersih
3. Cara Menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa
Anda juga dapat memanfaatkan minyak kelapa sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe dengan cara lumuri rambut Anda dengan minyak kelapa, kemudian balut rambut Anda dengan handuk hangat agar kandungan minyak kelapa dapat meresap dan diamkan secara beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Demikianlah postingan saya tentang Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Ampuh. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Baca juga: 4 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami. Image courtesy of stockimages at FreeDigitalPhotos.net 

0 Response to "3 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Ampuh"