Latest News

5 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Aktivitas

Tips cara menghilangkan rasa ngantuk saat beraktivitas akan saya ulas pada postingan saya kali ini. Rasa mengantuk yang tidak diinginkan biasanya timbul saat beraktifitas seperti bekerja maupun belajar. Walaupun sudah berusaha untuk menahan rasa ngantuk tersebut, namun tetap saja rasa mengantuk tak kunjung hilang.

Sahabat ditipskesehatan, rasa mengantuk merupakan salah satu hal yang wajar yang dapat dialami oleh semua orang. Rasa mengantuk mengisyaratkan tubuh agar mengakhiri segala aktivitas dan segera mengistirahatkan diri untuk segera tidur. Memang benar, jika tubuh beraktivitas sangat berat dan melelahkan, maka tubuh akan mengisyaratkan kalau tubuh harus di istirahatkan dengan tidur. Isyarat tersebut ditandai dengan adanya rasa mengantuk. Namun demikian, terkadang disaat tubuh baru saja melakukan aktifitas yang belum terlalu berat, rasa mengantuk sudah mulai datang. Tentu hal ini sangat tidak kita inginkan, karena belum waktunya untuk beristirahat pada jam kerja. Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini.
Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

1. Lakukan Olahraga Ringan

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga yang di maksud disini bukanlah olahraga yang berjenis berat yang biasa orang lakukan di pago hari maupun sore hari, namun yang dapat Anda lakukan ketika sedang beraktifitas semisal di kantor saat Anda bekerja ataupun di kelas saat Anda belaja, Anda dapat melakukan olahraga ringan dengan melakukan sedikit gerakan seperti berjalan cepat di tangga untuk merangsang jantung Anda berdetak lebih cepat sehingga tubuh akan mendapatkan asupan oksigen lebih banyak.

2. Cari Suasana Baru dengan Berjalan Keluar
Suatu aktifitas yang dikerjakan secara monoton dan secara terus menerus akan dapat menimbulkan rasa ngantuk. Jika Anda bekerja di dalam ruangan yang ber AC dan di depan layar komputer dalam waktu yang lama, dapat memicu Anda untuk mengantuk. Oleh karena itu cobalah berjalan-jalan ke luar ruangan, cari suasana baru yang bisa membuat Anda jauh lebih fresh dan rileks.

3. Dinginkan Suasana Tubuh Anda
Untuk menghilangkan rasa ngantuk, Anda juga dapat memanfaatkan suasana dingin dengan meminum air es yang dicampur dengan lemon. Dengan minuman dingin tersebut harapannya tubuh dan fikiran kembali fresh kembali. Selain itu Anda juga dapat menggunakan air es untuk di usapkan ke beberapa bagian tubuh seperti pundak, dahi, atau tangan Anda.

4. Lakukan Hal-Hal yang Memicu Otaki agar Bekerja

Rasa mengantuk biasanya datang ketika kita sedang tidak melakukan aktifitas sehingga otak juga tidak terpicu untuk bekerja sehingga dapat memicu Anda untuk mengantuk. Untuk mengatasi hal tersebut cobalah untuk memicu otak Anda agar bekerja kembali dengan melakukan aktifitas-aktifitas seperti mengisi teka-teki silang atau TTS di koran.

5. Tegakkan tubuh Anda ketika Duduk
Rasa ngantuk biasanya akan muncul ketika posisi tubuh saat duduk tidak tegak. Untuk mengaasi rasa ngantuk, cobalah untuk merubah posisi duduk Anda dengan posisi yang tepat, yaitu posisi duduk dengan badan yang tegak. Hal ini dapat bermanfaat untuk menghilangkan ngantuk pada diri Anda.

Perlu Anda ketahui, penyebab mengantuk di saat beraktifitas juga dapat diakibatkan karena Anda kurang tidur yang disebabkan karena insomnia, untuk mengatasinya silahkan baca juga 4 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Sehat Tanpa Obat.

Demikianlah postingan saya tentang Tips Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Aktivitas. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Image courtesy of imagerymajestic at FreeDigitalPhotos.net

0 Response to "5 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Aktivitas"