Latest News

5 Gejala Penyakit Maag dan Penyebabnya

Gejala penyakit maag dan penyebabnya akan saya ulas pada postingan saya kali ini. Penyakit maag atau di dalam istilah kedokteran disebut gastritis merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena lambung mengalami sejumlah peradangan, pembengkakan, ataupun iritasi yang terjadi pada bagian lapisan lambung. Penyakit maag biasanya akan muncul jika jumlah kadar asam lambung meningkat. Meningkatnya asam lambung ini, akan memberikan efek mulas dan nyeri pada bagian lambung dan hulu hati. Kebanyakan dari kita menilai bahwa penyakit lambung merupakan penyakit yang biasa-biasa saja sehingga banyak sebagian dari kita tidak menjaga pola makan dengan teratur. 

Sahabat ditipskesehatan, penyakit maag umumnya di bagi menjadi dua jenis, yaitu penyakit maag berjenis kronis dan penyakit maag berjenis akut. Untuk penyakit maag kronis bisa terjadi karena disebabkan kurangnya seseorang dalam menjaga kesehatannya, sehingga akan menimbulkan peradangan pada lambung. Dan timbulnya bakteri yang bisa merusak kesehatan lambung. Sedangkan penyakit maag berjenis akut dapat terjadi karena konsumsi makanan atau minuman tertentu dalam jumlah yang berlebihan, seperti mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, dan mengkonsumsi minuman keras. 

Gejala penyakit maag dan penyebabnya

Gejala Penyakit Maag
Waspadai gejala berikut ini jika terjadi pada Anda, karena jika Anda mengalami gejala yang disebutkan beberapa disini, kemungkinan Anda terkena penyakit maag. Berikut gejala penyakit maag yang wajib Anda waspadai :
  1. Perut terasa nyeri dan panas
  2. Munculnya rasa kembung, sehingga memunculkan hasrat untuk bersendawa
  3. Merasa mual pada perut dan ingin muntah
  4. Nafsu makan yang secara berangsur-angsur berkurang
  5. Lebih sering mengalami cegukan
  6. Munculnya gejala diare
Penyebab Penyakit Maag
Segala penyakit, tentu ada tentu ada sebab akibatnya. Oleh karena iti kenali beberapa penyebab maag berikut ini agar Anda bisa terhindar dari penyakit maag:
  1. Penyakit maag dapat diakibatkan karena pola hidup Anda yang tidak sehat
  2. Pola makan yang tidak teratur dan kurang sehat dapat memicu munculnya penyakit maag. Pola makan yang kurang sehat seperti banyak mengkonsumsi makanan cepat saji atau junkfood.
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, mengkonsumsi makanan pedas berlebihan, konsumsi minuman berkarbonasi yang berlebihan
  4. Kurangnya waktu tidur karena sering begadang atau akibat terkena insomnia
  5. Adanya gangguan secara psikis, mungkin karena tekanan yang berakibat stress
  6. Sering merokok, mengkonsumsi kopi secara berlebihan, dan mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu
  7. Bisa juga diakibatkan adanya bakteri yang menyerang lambung
Demikianlah postingan saya tentang Gejala Penyakit Maag dan Penyebabnya. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Baca juga: 4 Tips Cara Ampuh dan Efektif Mengobati Sakit Kepala. Image courtesy of David Castillo Dominici at FreeDigitalPhotos.net 

0 Response to "5 Gejala Penyakit Maag dan Penyebabnya "