Latest News

5 Penyebab Radang Tenggorokan yang Perlu Diwaspadai

Penyebab radang tenggorokan akan saya bahas pada postingan saya kali ini. Radang tenggorokan atau dalam istilah medis disebut juga dengan faringitis merupakan salah satu gejala dari beberapa penyakit yang sedang menyerang tubuh. Oleh karena itu radang tenggorokan sebenarnya bukanlah sebuah nama dari suatu penyakit, melainkan hanya gejala-gejala yang muncul saat Anda mengidap penyakit tertentu.

Sahabat ditipskesehatan, tentu sebagian besar dari kita pernah mengalami sakit pada bagian tenggorokan. Rasa sakit ini biasanya mengakibatkan proses menelan ludah maupun makanan dan minuman akan terasa lebih menyakitkan dan tidak nyaman. Radang tenggorokan dapat disebabkan karena infeksi virus dan bakteri. Selain itu bekerja terlalu berat dan stress yang berlebihan juga dapat menjadi sebab tenggorokan meradang. Hal ini dikarenakan saat bekerja terlalu berat dan stress yang berlebihan dapat mengakibatkan sistem pertahanan tubuh menjadi menurun, sehingga dapat memicu terjadinya infeksi pada tenggorokan. 

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab Radang Tenggorokan

1. Infeksi Virus
Salah satu penyebab utama terjadinya radang tenggorokan adalah karena adanya infeksi virus. Beberapa virus yang dapat menyerang dan dapat menyebabkan radang tenggorokan adalah virus flu (influenza), virus campak, virus cacar air, virus common cold, dan virus croup yang umumnya menyerang anak-anak dengan gejala batuk-batuk dengan suara keras seperti menggongggong.

2. Infeksi Bakteri
Selain ada sejumlah virus yang dapat menyebabkan tenggorokan mengalami peradangan, terdapat juga beberapa jenis bakteri yang menyebabkan tenggorokan meradang. Diantaranya adalah bakteri jenis berikut: bakteri Strepcococcus pyogenes, bakteri yang menyebabkan batuk rejan yang merupakan penyakit menular karena infeksi pada saluran pernafasan, dan bakteri yang menyebabkan difteri.

3. Mengidap Alergi Tertentu
Alergi juga dapat menyebabkan seseorang terkena radang tenggorokan. Misalnya alergi terhadap hewan seperti kucing pada bagian bulunya, dan alergi yang lain sebagainya. Oleh karena itu bagi Anda yang mengidap alergi terhadap sesuatu, coba hindari sesuatu yang dapat menyebabkan alergi Anda bias kambuh.

4. Tenggorokan Kering
Tenggorokan yang kering juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Keringnya tenggorokan dapat terjadi karena beberapa faktor. Seperti kurangnya mengkomsumsi air putih, panasnya suhu udara di sekitar, seringnya bernafas tidak melalui hidung, melainkan melalui mulut yang biasanya dilakukan ketika hidung tersumbat. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari hal ini agar Anda terhindar dari radang tenggorokan. 

5. Terjadinya Iritasi pada Tenggorokan
Salah satu penyebab radang tenggorokan yang paling sering adalah adanya iritasi yang terjadi pada tenggorokan. Iritasi ini dapat diakibatkan karena konsumsi makanan-makanan yang membuat tenggorokan mudah teriritasi, seperti makanan pedas sejenis keripik, snack berupa ciki-cikian, dan makanan gorengan-gorengan yang jika dikonsumsi berlebihan bias menyebabkan tenggorokan meradang. Selain itu polusi udara dan asap rokok juga dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

Seperti pada ulasan diatas, salah satu penyebab radang tenggorokan karena tenggorokan yang kering. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya minum air putih. Tahukah Anda? Bahwa air putih mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Baca: 8 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Demikianlah postingan saya tentang Penyebab Radang Tenggorokan yang perlu Diwaspadai. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Image courtesy of David Castillo Dominici at FreeDigitalPhotos.net

0 Response to "5 Penyebab Radang Tenggorokan yang Perlu Diwaspadai"