Latest News

6 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan akan saya bahas pada postingan saya kali ini. Banyak informasi yang membahas tentang manfaat buah mengkudu untuk kesehatan kulit wajah, rambut, penderita diabetes, ibu hamil, kesehatan kesuburan pria dan wanita, kesehatan lambung, penderita darah tinggi, dan kanker payudara. Informasi seperti ini penting untuk diketahui agar menambah wawasan kita tentang manfaat buah mengkudu ini.

Sahabat ditipskesehatan, buah mengkudu merupakan salah satu buah yang dapat kita jumpai dengan mudah di Indonesia. Banyak orang yang mengenal buah mengkudu sebagai buah yang berbau tidak sedap, sehingga hanya sebagian orang yang mau mengkonsumsinya. Namun jangan salah, di balik bau buah mengkudu yang tidak sedap tersebut, terdapat manfaat yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi. Selain itu buah mengkudu juga memiliki manfaat yang baik juga untuk kecantikan. Oleh karena itu simak ulasan berikut ini agar Anda mengetahui manfaat apa saja yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah mengkudu.

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu
 
1. Dapat Mengobati Batuk
Buah mengkudu juga dikenal sebagai salah satu tanaman obat. Salah satu manfaat buah mengkudu sebagai tanaman obat adalah dapat digunakan untuk mengobati batuk. Anda dapat memanfaatkan buah mengkudu sebagai obat batuk alami dengan cara rebus 1 buah mengkudu yang dicampur dengan daun bujanggut dengan 2 gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas, kemudian minumlah secara teratur dua kali sehari.

2. Dapat Mengatasi Darah Tinggi
Selain itu, buah mengkudu juga dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, bagi Anda yang memiliki penyakit hipertensi. Cara memanfaatkan buah mengkudu untuk mengatasi hipertensi adalah sebagai berikut:  Ambil sari buah mengkudu yang sudah masak pohin dengan cara di peras, kemudian tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan. Minumlah secara teratur dua kali sehari.

3. Dapat Mengobati Sakit Perut

Selain buah mengkudu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, daun buah mengkudu juga memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi sakit perut. Jika Anda terkena sakit perut, cukup tumbuklah 2-3 lembar daun buah mengkudu, lalu tambahkan sedikit garam. Setelah itu seduhlah dengan air panas. Tunggu hingga dingin, lalu saring. Setelah itu dapat Anda minum untuk mengatasi sakit perut Anda.

4. Obat Alami untuk Menyembuhkan Demam, Masuk Angin dan Infuenza
Untuk mengatasi beberapa penyakit ini, rebuslah 1 buah mengkudu yang dicampur dengan 1 rimpang kencur. Rebuslah dengan dua gelas air hingga mendidih sampai tersisa satu gelas. Tunggu hingga dingin, kemudian saringlah dan minum secara teratur 2 kali dalam sehari.

5. Menjaga Kelembaban Kulit
Kelembaban kulit perlu di jaga dengan baik agar kulit senantiasa sehat dan terhindar dari kekeringan. Untuk menjaaga kesehatan kulit agar tetap lembab, Anda bisa menggunakan buah mengkudu. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut ambil beberapa buah mengkudu secukupnya, kemudian haluskan buah mengkudu tersebut dengan cara di blender maupun di tumbuk. Jika sudah halus, kemudian olskan pada kulit wajah Anda secara merata, diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilaslah dengan air hangat sampai bersih.

6. Dapat Mengatasi Jerawat
Buah mengkudu yang kaya akan kandungan alaminya ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi jerawat yang membandel pada wajah Anda. Manfaatkan buah mengkudu untuk menghilangkan jerawat Anda dengan cara sebagai berikut: haluskan buah mengkudu yang sudah matang secukupnya dengan cara di blender. Kemudian ambil airnya saja dengan cara di saring. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Cepat dan Ampuh.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa saya informasikan kepada Anda. Semoga bermanfaat, dan perbanyak pengetahuan Anda dengan membaca postingan-postingan saya yang tidak kalah menarik lainnya. Image courtesy of thawats at FreeDigitalPhotos.net

0 Response to "6 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan"