Latest News

4 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Sehat Tanpa Obat

Tips Cara mengatasi insomnia secara alami dan faktor penyebabnya akan saya bahas secara lengkap. Hal ini wajib Anda ketahui karena insomnia merupakan penyakit tidur yang bisa menyerang siapaun juga tanpa melihat jenis usia Anda. Insomnia mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan karena jika seseorang terkena insomnia, maka waktu tidurnya akan berkurang dan tidak berkualitas sehingga akan mempengaruhi produktivitas tubuh keesokan harinya. Seseorang yang mengidap penyakit insomnia akan terlihat pucat dan lesu di wajahnya karena akibat dari kurang tidur sehingga tubuh pun akan mengalami kelelahan yang dampaknya adalah akan mengurangi produktivitas Anda.

Sahabat ditipskesehatan, cara mengatasi insomnia secara alami pada dasarnya hanya sedikit saja orang yang mengetahuinya. Banyak orang yang mati-matian mencari obat-obatan yang dapat membuatnya tidur terlelap. Padahal tanpa disadari ataupun tidak obat-obatan tersebut jika digunakan secara terus menerus juga dapat memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Berbeda dengan obat-obatan yang kita buat sendiri secara alami, selain akan menghindarkan Anda dari efek samping yang berbahaya, obat alami ini juga mempunyai khasiat yang jauh lebih ampuh.

Cara Mengatasi Insomnia

Faktor Penyebab Insomnia
Nah sebelum kita membahas lebih jauh cara mengatasi insomnia secara alami, marilah kita terlebih dahulu membahas hal-hal apa saja yang menyebabkan insomnia berikut ini :
  • Pengaruh obat-obatan. Anda perlu waspada dalam memilih obat karena bisa jadi kandungan yang terdapat di dalam obat tersebutlah yang menyebabkan Anda sulit untuk tidur. Sarann saya pilihlah jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan mengantuk sehingga Anda bisa terbantu untuk tidur karena pengaruh dari obat tersebut.
  • Faktor kejiwaan. Seseorang yang tenang, tanpa beban pikiran umumnya proses tidurnya akan berjalan denga cepat. Berbeda dengan seseorang yang kejiwaannya sedang terganggu, entah banyak pikiran atau sedang banyak masalah maka akan sulit untuk bisa tidur.
  • Kondisi lingkungan. Umumnya agar seseorang dapat tidur dengan pulas maka dibutuhkanlah suasana lingkungan yang tenang dan nyaman agar tidak mengganggu proses tidur. Jika lingkungan sekitar sudah tidak nyaman dalam artian sangat menganggu waktu tidur, maka bisa saja lingkungan yang tidak nyaman inilah yang menjadi pemicu seseorang sulit untuk tidur.
Nah itulah beberapa faktor penyebab insomnia yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit insomnia, cobalah untuk menghindari beberapa penyebab insomnia di atas. Tapi akan lebih perfect lagi jika Anda mencoba cara alami agar Anda bisa tidur pulas yang akan saya bahas berikut ini.

Tips Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami
Pasti semua orang di dunia ini tidak menginginkan terkena penyakit susah tidur atau insomnia. Tahukah Anda? Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, terdapat fakta insomnia yang mencengangkan yaitu bahwa seseorang yang mengalami penyakit insomnia atau sulit tidur memiliki resiko lebih besar terkena penyakit jantung daripada seseorang yang tidak menderita insomnia. Lalu bagaimanakah cara mengatasi insomnia secara alami? Berikut cara-caranya :

1. Mengatasi insomnia dengan terapi relaksasi
Untuk dapat mengatasi insomnia, Anda dapat mencoba terapi relaksasi agar tubuh dan fikiran Anda bisa menjadi lebih tenang dan rileks. Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama, carilah posisi berbaring senyaman mungkin di ranjang Anda
  • Kemudian kosongkan fikiran Anda dari hal-hal yang membuat Anda merasa gelisah
  • Fokuslah pada satu objek di ruang kamar Anda selama 1 menit
  • Selanjutnya bangkitlah dari ranjang dan berjalan-jalanlah sejenak, kemudian kembalilah ke posisi semula
  • Sekarang fikirkan suatu hal yang bisa membuat Anda merasa bahagia dan rasakan beberapa anggota badan Anda akan merasa semakin rileks
  • Setelah Anda merasa rileks, cobalah tidur dengan masih memikirkan hal yang indah agar bisa terbawa mimpi
2. Mengatasi insomnia dengan yoga
Anda dapat menggunakan terapi yoga untuk mengatasi insomnia dengan cara berikut ini :
  • Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menghentikan seluruh aktivitas Anda terlebih dahulu, kemudian ambil matras yoga Anda
  • Berbaringlah di atas matras tersebut sambil dengarkanlah beberapa musik yang iramanya lembut
  • Perhatikan alunan iramanya, sehingga seolah-olah Anda larut dalam musik tersebut
  • Selama Anda mendengarkan musik, aturlah nafas Anda secara perlahan, tenang, dan halus sampai Anda merasakan sebuah ketenangan didalam jiwa Anda
  • Lakukan cara ini sesuka Anda kapanpun juga agar masalah insomnia Anda bisa teratasi
3. Mengatasi insomnia dengan mandi air hangat
Selain dengan praktik terapi rileksasi dan yoga diatas, Anda juga dapat mencoba mandi dengar air hangat untuk meregangkan kembali otot-otot Anda yang tegang, sehingga Anda bisa lebih rileks.

4. Mengatasi insomnia dengan membaca buku sebelum tidur
Membaca buku merupakan cara yang mencerdaskan kita, sekaligus memberikan solusi bagi penyakit insomnia kita. Anda dapat mencobanya beberapa saat sebelum tidur. Biasanya dengan membaca buku, lama kelamaan mata akan terasa lelah kemudian Anda akan mengantuk.

Demikianlah postingan saya tentang Tips Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Sehat Tanpa Obat . Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Baca juga: 6 Tips Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh. Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

0 Response to "4 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Sehat Tanpa Obat "