Latest News

8 Manfaat Dahsyat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan khasiat tanaman kunyit untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah akan saya bahas secara lengkap untuk Anda. Tanaman kunyit dikenal dapat memberikan manfaat untuk kesehatan lambung seperti mengatasi maag, dan dapat mengobati dan menyembuhkan batuk. Tanaman kunyit sendiri merupakan tanaman yang sangat mudah di jumpai di Indonesia. Oleh karena itu kita tidak akan menemukan kunyit di Indonesia.

Sahabat ditipskesehatan, kunyit merupakan salah satu tanman rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur alami untuk menambah cita rasa suatu masakan. Mungkin Anda akan sangat menjumpai tanaman kunyit ketika Anda sedang berada di dapur. Tapi tahukah Anda jika kunyit memiliki manfaat yang luar biasa dahsyat bagi kesehatan tubuh Anda seperti yang sudah saya singgung sebelumnya di atas? dan juga tahukah Anda jika kunyit memiliki manfaat yang bak bagi kecantikan? Berikut ulasannya untuk Anda.

Manfaat Dahsyat Kunyit

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan
Seperti yang dilansir melalui situs wikipedia, kunyit memilki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat didalam kunyit salah satunya adalah seperti kurkuminoid yang merupakan senyawa yang bisa digunakan sebagai obat. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan :
  1. Dapat mencegah kanker. Semua orang di dunia ini pasti tidak ada yang mau terkena salah satu penyakit berbahaya dan mematikan ini, yaitu kanker. Untuk menghindari kanker itu sendiri dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami seperti kunyit. Kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.
  2. Dapat menghindarkan Anda dari penyakit anemia. Anemia merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya jumlah darah merah yang ada di dalam tubuh. Produksi darah merah yang kurang juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi untuk membentuk darah merah. Nah, dengan mengkonsumsi kunyit yang mengandung banyak zat besi, maka kemungkinan Anda akan terhindar dari penyakit anemia.
  3. Melancarkan proses pencernaan. Kandungan kurkumin yang terdapat didalam kunyit juga bermanfaat bagi kesehatan organ pencernaan Anda, sehingga Anda akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti kurang lancarnya BAB.
  4. Mengurangi resiko Anda terkena penyakit diabetes. Masih berbicara tentang kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit, kandungan ini juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula yang terdapat di dalam darah karena kurkumin berperan dalam mengurangi reaksi insulin dalam tubuh.
Manfaat Kunyit untuk Kecantikan
Selain kunyit memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seperti yang sudah saya ulas sebelumnya diatas, Anda juga perlu mengetahui jika kunyit memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda :
  1. Dapat mengatasi kulit yang berminyak. Kunyit memiliki kandungan yang dipercaya dapat mengontrol minyak yang terdapat di kulit wajah Anda, sehingga Anda akan terhindar dari produksi minyak berlebih. Caranya adalah buatlah masker wajah dengan mencampurkan beberapa bahan-bahan berikut ini: 2 sendok makan bubuk kunyit, 3 sendok maka air jeruk lemon atau jeruk nipis. Setelah itu oleskan secara merata di wajah Anda, diamkan sejenak selama 15 menit, kemudian bersihkan wajah Anda dengan air hangat.
  2. Dapat mencegah proses penuaan dini. Anda juga dapat menggunakan kunyit sebagai kosmetik alami untuk mendapatkan kulit yang terhindar dari proses penuaan dini degan menggunakan masker wajah yang dapat Anda buat sendiri dengan cara campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 1 sendok makan susu, 1 sendok makan tepung beras, dan 1 sendok makan jus tomat. Setelah itu oleskan secara merata di wajah Anda, diamkan sejenak selama 20 menit, kemudian bersihkan wajah Anda dengan air dingin.
  3. Dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan memanfaatkan kandungan yang terdapat didalam kunyit serta tekstur dari kunyit itu sendiri dipercaya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang terdapat pada wajah.
  4. Dapat dingunakan untuk mengobati jerawat. Untuk menggunakan kunyit sebagai obat jerawat dapat dilakukan dengan cara membuat masker dengan bahan campuran 1 sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit madu dan yoghurt. Setelah itu oleskan secara merata di wajah Anda, diamkan sejenak selama 15 menit, kemudian bersihkan wajah Anda dengan air bersih. 
Demikianlah postingan saya tentang Manfaat dan khasiat Kunyit untuk Kesehtan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat, dan silahkan baca postingan saya yang tak kalah menarik lainnya. Baca juga: 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan. Image courtesy of SOMMAI at FreeDigitalPhotos.net

0 Response to "8 Manfaat Dahsyat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan"